Info Wisata Bukit Sikunir

Salam sehat, bebas polio, untuk kawan-kawan semua. 
Kamu mungkin terasa asing mendengar objek wisata Bukit Sikunir. Tapi, Bukit Sikunir menjadi bahan perbincangkan dikalangan backpacker, lho.  Apakah ada keunikan tersendiri atau keistimewaan yang dijanjikan?

Keindahan Bukit Sikunir Informasi Wisata Bukit Sikunir Lengkap di himalaya.web.id
Keindahan Bukit Sikunir (foto/google maps)

Kawan, untuk menikmati indahnya sunrise atau sunset mungkin kamu harus rela bercapek-capek ria melakukan perjalanan jauh nan terjal ke gunung tinggi. Berbeda dengan bukit yang satu ini yang menawarkan perjalanan mudah dan singkat serta pemandangan Golden Sunrise yang menakjubkan. Ketinggian Bukit Sikunir hanya sekitar 2.300 meter dari permukaan laut (MDPL). Saking epicknya sunrise di Bukit Sikunir, bahkan jalan utama di desa Sembungan, Dieng, diberi nama Sunrise Road.

LOKASI BUKIT SIKUNIR

Dimana sih, letak Bukit Sikunir ini? 
Tepatnya terletak di desa Sembungan, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo. Yaitu, 8 KM sebelah selatan dari Dieng Plateau Informations Center atau kawasan wisata Wonosobo. Kamu bisa ikuti Google Map berikut; klik link ini.



INFORMASI SINGKAT BUKIT SIKUNIR

Info Keterangan
Waktu Operasional Jam Buka 24 Jam
Harga Tiket Masuk Rp 15.000 (WNA)
Harga Tiket Parkir RP 5.000 (Mobil)
Fasilitas Tersedia 3 Pos Pendakian
Musholla
WC dan Toilet
Warung Makan
Warung Kopi
Toko Oleh-Oleh
Info Lain Biaya Tiket Masuk Kawasan Wisata Dieng
Rp 10.000 per-orang


TRANSPORTASI MENUJU BUKIT SIKUNIR

Transportasi untuk menuju ke Bukit Sikunir sangatlah mudah, kamu bisa menggunakan sepeda motor, mobil atau carter mobil besar seperti elf bersama rombongan. Jangan khawatir lahan parkir di lokasi sangat luas dan aman. Jika ingin backpacker, kamu bisa naik bus jurusan Terminal Wonosobo kemudian naik angkuta ke arah Dieng dan turun di pertigaan Dieng, lalu naik ojek ke Telaga Cebong sekitar 7 KM. Untuk melakukan pendakian bukit Sikunir waktu yang pas adalah sekitar pukul 03.30 - 04.00 WIB menjelang pagi hari, agar kamu bisa menyaksikan keindahan Golden Sunrise Sikunir.

Baca Juga: Info Wisata Candi Arjuna Dieng
 

AKTIVITAS YANG BISA KAMU LAKUKAN DI BUKIT SIKUNIR

Kawasan wisata Dieng sangatlah dingin suhu bisa mencapai 10-15 derajat celcius, sangat disarankan untuk membawa sepatu dan pakaian yang tebal.

Pendakian Ke Bukit Sikunir untuk Melihat Golden Sunrise

Perjalanan untuk mencapai puncak bukit dieng hanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit dengan medan batu tertata, jarak yang akan kamu tempuh sekitar 1 KM dari parkiran menuju Puncak. 

Sepanjang jalan tersedia 3 Pos yang bisa kamu gunain buat sekedar istirahat sejenak, dan terdapat musholla di Pos 3 sebelum puncak. 

Waktu yang tepat untuk melihat sunrise adalah bulan April - Agustus ketika musim kemarau, tapi kamu juga bisa melihat keindahan sunrise saat musim penghujan jika cuaca mendukung.

Pemandangan Sunrise di Bukit Sikunir himalaya.web.id
Pemandangan Sunrise di Bukit Sikunir (foto/google maps)

Dari puncak bukit kamu juga bisa memandang Gunung Sindoro yang berdampingan dengan Gunung Kembang dan Gunung Sumbing. Tidak jauh dari ketiga gunung itu akan terlihat juga Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Ungaran yang menjulang tinggi. Penampakan gunung-gunung ini akan lebih indah saat matahari berada di atasnya saat pagi hari.

Pemandangan Gunung di bukit Sikunir, himalaya.web.id
Gunung-Gunung akan terlihat jelas dari Puncak Bukit (foto/ unsplash)

Melihat Keindahan Telaga Cebong

Perjalanan turun kamu akan disuguhi pemandangan telaga Cebong yang menakjubkan dari ketinggian, wisatawan biasa mendirikan tenda di sekitar Telaga untuk camping, tapi perlu diingat suhu kawasan dieng sangatlah dingin, pastikan kamu membawa peralatan camping yang memadahi. Jika ingin lebih nyaman, kamu bisa menyewa hotel atau homestay sekitar dengan harga terjangkau.

Telaga Cebong dari Ketinggian, himalaya.web.id
Telaga Cebong dari Ketinggian (foto/ google maps)


Mencoba Kuliner Khas Dieng

"Sekali dayung dua pulau terlampaui", setelah kamu capek mendaki tidak salahnya mencoba kuliner khas Dieng dengan sensai syahdu karena kamu menikmatinya saat suhu dingin.  

Tempe Kemul, bentuknya seperti tempe mendoan tapi diiris tipis dengan banyak toping daun kucainya, sangat enak kamu santap saat panas baru diangkat dari penggorengan, sambil menyerutup kopi pagi.

Mie Ongklok, mie rebus khas yang hanya ada di Dieng dengan kuah yang spesial, jika kamu belum pernah mencobanya kamu wajib coba karena rasanya istimewa.

Semur Kentang Kecil, kentang adalah komoditas utama sehingga masakan kentang pasti akan kamu temui di sepanjang jalan. Nah, kapan lagi kamu bisa menikmati makanan yang mungkin susah dicari di daerah lain. 

Buah Carica, buah Carica biasanya dibuat manisan untuk dijadikan oleh-oleh, kamu bisa beli di toko oleh-oleh terdekat, buah ini pohonnya seperti pepaya kerdil tapi rasanya perpaduan dari berbagai buah. 

Baca Juga: Info Wisata Kawah Sikidang Dieng  

Bagaimana? kamu tertarik untuk mengunjungi Bukit Sikunir? mungkin kumpulan dokumentasi foto ini akan menambah keinginan kamu untuk segera berkunjung.

Camping di Telaga Cebong
Camping di Telaga Cebong (foto/ google maps)

Fasilitas Musholla di Kawasan Wisata Sikunir
Fasilitas Musholla di Kawasan Wisata (foto/ google maps)

Medan Jalan Menuju Puncak Bukit Sikunir
Medan Jalan Menuju Puncak Bukit (foto/ google maps)

Telaga Cebong himalaya.web.id
Telaga Ceboh berada di bawah bukit (foto/ google maps)

Kuliner Tempe Kemul (foto/ google maps)
Kuliner Tempe Kemul (foto/ google maps)

Warung di kawasan wisata sikunir
Warung di Kawasan Wisata (foto/ google maps)






Refrensi Lain:
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama